sweetie alessa’s blog

~ ikhlas dan bersabarlah…. ~

Solusi Jitu Atasi PMS

pink_roseGampang kesal, tersinggung, moody, dan ngomel terus sepanjang hari? Hitung deh, apakah sebentar lagi jadwal haid Anda tiba? Ini dia solusinya.

Sindrom yang dikenal dengan premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom premenstruasi ini, biasanya terjadi 7-10 hari menjelang menstruasi dan dapat mengakibatkan perubahan fisik dan emosi pada penderitanya. Mengenai penyebabnya belum diketahui pasti. Namun dugaan terbesar akibat perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita saat mau datang haid.

Gejala fisik PMS biasanya ditandai dengan nyeri tekan pada payudara, banyaknya cairan di sekitar vagina, sakit kepala, mual, muntah, perut kembung, dan tidak nafsu makan. Sementara, emosi jadi labil, gampang cemas, cepat marah, mudah tersinggung, takut dan gelisah berlebihan, susah tidur, serta sulit berkonsentrasi.

Meskipun mungkin tak dapat dihindari sama sekali, ada beberapa langkah jitu yang dapat dilakukan untuk mengatasi PMS:

1. Kenalilah diri Anda
Buatlah catatan mengenai siklus haid Anda, serta gejala fisik dan emosi yang dialami sebelum menstruasi. Sehingga Anda bisa menghadapi dengan lebih santai saat gejala rutin itu datang. “O..sakit kepalaku ini juga akan hilang besok setelah mens,” misalnya.

2. Lakukan relaksasi secara teratur
Relaksasi (melalui teknik olah napas seperti dalam meditasi dan yoga) terbukti dapat memberikan ketenangan. Bahkan, latihan relaksasi yang dilakukan secara teratur (5-10 menit tiap harinya) dapat mengurangi simtom parah PMS hingga 57 persen.

3. Kurangi stres
Stres, karena menimbulkan kecemasan, ketegangan, dan kegelisahan, akan memperparah PMS. Untuk itu, kendalikan stres dengan mengelola waktu seoptimal mungkin (kapan saat bekerja dan kapan saat santai).

4. Hindari kafein dan alkohol sebelum haid
Makanan atau minuman semacam itu hanya menyebabkan tubuh menjadi tidak dapat relaks (karena didorong untuk selalu aktif dan tegang terus) serta membuat emosi Anda makin labil.

5. Kurangi asupan garam dan makanan yang asin
Lakukan diet rendah garam 1-2 minggu sebelum haid untuk mengurangi pembengkakan dan penumpukan cairan pada tubuh.

6. Banyak mengonsumsi kalsium
Sebelum datang haid, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium, seperti susu, yoghurt dan keju.

7. Berolahraga teratur
Berolahraga sebelum dan sesudah masa menstruasi akan membantu mengurangi PMS, karena olahraga merangsang keluarnya hormon endorfin yang diperlukan untuk mendorong munculnya rasa gembira.

8. Kompres air hangat
Air hangat terbukti efektif membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Untuk mengatasi kram perut yang mungkin timbul, kompres bagian perut dengan air hangat agar otot-otot di bagian perut mengendur.

9. Bila perlu konsultasikan ke dokter
Bila dirasa sudah tak mampu mengendalikan PMS, tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter. Umumnya dokter akan memberikan obat-obatan penghilang rasa sakit, misalnya untuk sakit yang berlebihan.

sumber : kompas.com

November 28, 2008 - Posted by | Tips | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: