sweetie alessa’s blog

~ ikhlas dan bersabarlah…. ~

Suka Keju atau Cokelat? Awas Lambung

kejuBAGI Anda pengemar keju dan cokelat, sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Pasalnya, selain mengandung kolesterol, keju dan cokelat juga dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga mengakibatkan asam lambung meningkat dan kemudian menyebabkan sakit pada lambung.

Demikian anjuran dari ahli gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, dalam seminar media di Jakarta, Selasa (8/4).

Perlambatan pengosongan lambung ini, kata Dokter Ari disebabkan unsur lemak dalam keju dan cokelat sulit untuk dicerna. ” Pengosongan lambung yang normal sekitar enam sampai delapan jam, kalau seseorang mengkonsumsi keju dan cokelat berlebih, pengosongan lambung menjadi sepuluh jam atau lebih,” jelasnya.

Dokter Ari juga meminta orang tua mengawasi konsumsi keju dan cokelat pada anak-anak karena ia pernah menemui pasien anak-anak yang berusia 12 tahun mengalami luka pada kerongkongannya karena banyak mengkonsumsi keju dan cokelat.

Saat ditanya, berapa ukuran yang normal mengkonsumsi keju dan cokelat, Dokter Ari menjawab, ” Susah yah kalau ditanya konsumsi yang normal karena itu berkaitan dengan individual, tergantung usia juga. Yang penting jangan berlebihan saja, apalagi buat mereka yang punya masalah lambung,” demikian Dokter Ari. (DIV)
sumber : kompas.com

November 28, 2008 - Posted by | Kesehatan | , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: