sweetie alessa’s blog

~ ikhlas dan bersabarlah…. ~

Terapi Penyakit Cinta

burung-cantikPenyakit mabuk cinta (al isyq) akan menimpa orang-orang yang hatinya kosong dari rasa mahabbah (cinta) kepada Allah, selalu berpaling dari-Nya dan dipenuhi kecintaan kepada selain-Nya. Hati yang penuh cinta kepada Allah dan rindu bertemu dengan-Nya pasti akan kebal terhadap serangan virus ini, sebagaimana yang terjadi dengan Yusuf ‘alaihissalam, ”Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf pun termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.” (QS. Yusuf : 24). Nyatalah bahwa ikhlas merupakkan imunisasi manjur yang dapat menolak virus ini dengan berbagai dampak negatifnya, berupa perbuatan jelek dan keji. Artinya, memalingkan seseorang dari kemaksiatan harus dengan menjauhkan berbagai sarana yang menjurus ke arah itu. Berkata ulama salaf, ‘Penyakit cinta adalah getaran hati yang kosong dari segala sesuatu selain apa yang yang dicinta dan dipujanya. Allah berfirman mengenai ibu Nabi Musa alaihissalam, ”Dan menjadi kosonglah hati ibu Musa. Sesungguhnya hampir saja ia menyatakan rahasia tentang Musa, seandainya tidak Kami teguhkan hatinya, supaya ia termasuk orang-orang yang percaya (kepada janji Allah).” (QS. Al Qashash : 10). Yakni kosong dari segala sesuatu, kecuali Musa; karena sangat cintanya kepada Musa dan bergantungnya hatinya kepada Musa.

Bagaimana Virus Ini Bisa Berjangkit?

Penyakit al isyq terjadi karena dua sebab. Pertama, karena menganggap indah apa-apa yang dicintainya. Kedua, perasaan ingin memiliki apa yang dicintainya. Jika salah satu dari dua faktor ini tak ada, niscaya virus tidak akan berjangkit. Walaupun penyakit kronis ini telah membingungkan banyak orang dan sebagian pakar berupaya memberikan terapinya, namun solusi yang diberikan belum mengena.

Continue reading

Advertisements

December 30, 2008 Posted by | Renungan | , , , , , | 1 Comment

Tiramisu

( Menggoda banget ya tampilannya? Buat rekan-rekan yang hobby bikin kue, kaya’nya mesti coba deh. Keliatannya sih rada “njelimet” ya…. pastinya butuh ketelitian dan keahlian tersendiri. Kalo saya… untuk sementara, diposting aja lah resepnya. Belum pede bikinnya, tpi kalo ada yang mo ngirimin sih boleh buangeett… ^_~ )

tiramisuBahan:
250 gr keju mascarpone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
1/2 sdt esens vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan lain:
2 sdm kopi instan, cairkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua/rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake cokelat 3 lembar ukuran 22 x 22 x 3cm

Garnis:
Whipped cream dan cokelat bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok keju mascarpone, sisihkan.
2. Kocok whipped cream dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tak meleleh.
3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarpone yang sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mikser speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
5. Di tempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.

Penyelesaian:
1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (atau cake cokelat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarpone, ratakan.
2. Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarpone.
3. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped cream, lalu ayakkan cokelat bubuk.
4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.

Catatan:
– Pengocokan mascarpone hanya bertujuan untuk menghilangkan bungkahan-bungkahan kejunya saja, bukan untuk membuatnya mengembang.
– Jika menggunakan keju mascarpone merk Puglia, keju sebaiknya tidak dikocok karena keju mascarpone merek ini sangat rentan pecah. Langsung campurkan keju ke dalam whipped cream.
– Pastikan telur sudah kembali menjadi dingin sebelum mencampurkannya dengan whipped cream dan mascarpone. Suhu hangat akan membuat whipped cream mencair. Jika Anda tidak keberatan dengan telur mentah, maka telur tidak perlu ditim.

sumber : natural cooking club

December 24, 2008 Posted by | Kue | , , , | 3 Comments

Ada Apa dengan (Cinta) Jilbab?

melati2Sungguh Islam ini diturunkan bukan untuk menyusahkan manusia, tetapi semata-mata untuk rahmat sekalian alam, rahmatan lil ‘alamiin. “Maa anzalna alaykal qur’aana li tasqaa” (Sungguh Kami turunkan Al-Qur’an tidak untuk menyusahkanmu). Jadi, apapun yang diwahyukan Allah ke manusia adalah semata-mata untuk maslahat manusia juga.
Fenomena (mencintai) jilbab beberapa dekade terakhir menjadi suatu fenomena yang sangat menarik. Adanya kesadaran di antara muslimah untuk mengenakan jilbab dianggap sebagai suatu kekuatan akan kebangkitan intelektualitas seorang muslimah karena adanya suatu kebutuhan spiritual dari diri pribadi muslimah. Hal ini sangat berbeda dengan beberapa puluh tahun yang lalu, yang masih menganggap jilbab adalah kuno atau tidak modern dan lain sebagainya. Di sisi lain masih adanya penolakan penggunaan jilbab dari umat muslim sendiri.

Ada beberapa alasan kenapa banyak dari muslimah yang ramai-ramai mengenakan jilbab, diantaranya adalah :

1. Ingin Mempercantik Diri
Wanita biasanya akan senang apabila ia dikatakan cantik, meski mungkin hal ini tidak diucapkannya di bibir bahwa ia suka dikatakan cantik. Hal ini adalah sunnatullah, karena Allah menciptakan wanita dengan kecenderungan “menarik hati” laki-laki dengan kecantikannya. Rasulullah pernah memerintahkan seorang sahabat untuk melihat mata seorang wanita anshar sebelum ia meminangya, karena kata Rasulullah di dalam mata seorang wanita anshar itu terdapat sesuatu yang membuat seorang laki-laki mempunyai kecenderungan untuk membulatkan tekad meminangnya. Banyak di antara muslimah yang mengenakan jilbab karena ia merasa cantik kalau mengenakan jilbab. Keindahan dan kecantikan adalah sunnatullah, Allah menciptakan sekuntum bunga dengan keindahan, Allah menciptakan hamparan gunung dengan keindahan, Allah menciptakan dunia dan isinya dengan penuh keindahan, begitu pula Allah menciptakan wanita dengan penuh keindahan. Jadi, untuk tahap awal mungkin tidak apalah jika niat memakai jilbab adalah demikian. Alasan mengenakan jilbab di kalangan muslimah karena ia merasa cantik apabila mengenakan jilbab adalah alasan yang wajar. Apalagi sekarang ini banyak sekali jilbab yang cantik dengan mode yang masih dianggap syar’i. Dari kacamata laki-laki, memang apabila seorang wanita mengenakan jilbab ia akan terlihat lebih anggun, cantik, dan yang lebih penting lagi ia terlihat lebih berwibawa dan menyejukkan di matanya dari pandangan syetan. Karena sungguh Allah memerintahkan kita untuk menjaga pandangan (QS. 34 : 21).

2. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Alasan kedua kenapa seorang wanita berjilbab adalah aktualisasi diri dari wanita. Perspektif diri bahwa ia akan diakui oleh komunitasnya adalah dengan cara mengikuti apa yang menjadi “kelaziman” di antara komunitasnya. Sebagai contoh, orang yang bekerja di lingkungan berjilbab, maka ia akan “memaksakan” dirinya untuk ikut berjilbab. Dan dengan berjilbab identitas keislaman seorang muslimah dapat diketahu. Alasan yang kedua ini tidaklah disalahkan, tetapi dalam suatu skala kadar “kepatutan” alasan yang masih rendah. Namun demikian dengan seiring berjalannya waktu ia akan menyesuaikan dengan sendirinya. Sebagaimana dulu ketika Rasulullah dari Madinah kembali ke Mekkah dimana ketika itu kekuatan pasukan Rasulullah tidak mungkin tertandingi oleh pasukan Quraisy Mekkah. Maka dengan “terpaksa” Abu Sofyan dan penduduk Mekkah lainnya berbondong-bondong memeluk Islam. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu penduduk Mekkah menjadi sadar bahwa Islam adalah ajaran yang benar.

Continue reading

December 19, 2008 Posted by | Uncategorized | , , , , | Leave a comment

GAYA CANTIK KERUDUNG KEREN

gaya-cantikTampil gaya dengan kerudung atau jilbab ke kantor nggak sulit, kok!

PADUAN TUNIK
Atasan tunik yang longgar dan panjang sepinggul memang andalan pemakai jilbab.

DOs
• Padukan dengan rompi atau vest (tidak usah dikancing) untuk menutupi bagian dada.
• Pilih detail minimalis supaya nggak terkesan heboh (kecuali mau tampil gaya etnik).
• Paduan warna kontras nggak masalah, tuh!
• Ingin gaya lebih santai? Pilih saja rompi jeans.
• Celana bahan hitam berpotongan pipa = wajib!
• Warna jilbab bisa kontras atau senada vest.

DON’Ts
• Tunik dipadukan dengan tank top ketat di bagian luar? It’s a big no-no, deh!
• Tunik ketat atau ngepas badan. Hmm… buang jauh-jauh, deh, kesan seksi untuk pemakai jilbab.

PADUAN SWEATER
Selain bikin penampilan makin gaya, sweater bisa menghangatkan tubuh.

DOs
• Sweater kerah Sabrina untuk paduan kaus turtleneck lengan panjang.
• Rok A-Line atau celana panjang model loose bisa dijadikan padanan.
• Pilih warna dalaman yang kontras dengan sweater, biar lebih ‘hidup’.
• Tambahan kalung panjang warna senada.
• Cardigan bisa jadi pengganti sweater.

DON’Ts
• Atasan turtleneck yang tebal untuk dalaman sweater (kayak orang sakit, deh….)
• Kreasi jilbab yang rumit dan aksesori berlebihan bikin penampilan ‘penuh’.

sumber : citacinta.com

December 19, 2008 Posted by | Uncategorized | , , , , , | 5 Comments

Aksesori Jilbab Nan Gaya

brosDALAM berbusana muslim, jilbab tak ubahnya sebagai finishing touch yang melengkapi penampilan. Karenanya, memakai jilbab tidak boleh sembarangan. Ada aturan tidak tertulis yang menyebutkan, penggunaan jilbab mesti senada dengan pakaian yang Anda gunakan. Namun, untuk membuatnya terlihat lebih menarik, diperlukan sedikit kreativitas. Untuk itu, dibutuhkan beberapa aksesori sederhana yang akan memberikan aneka gaya pada jilbab Anda.

Aksesori paling sederhana yang bisa ditambahkan adalah bando atau headband. Hiasan rambut ini bisa Anda jadikan sebagai ornamen pada jilbab untuk menjadikannya semakin aksi. Caranya, gunakan headband berwarna kontras di atas jilbab, sematkan jepit rambut atau jarum pentul agar bando tetap rapi.

Alternatif lain, kenakan jilbab dalam dua warna berbeda. Jilbab pertama bisa disesuaikan dengan warna busana, sementara untuk paduannya, kenakan yang memiliki corak menarik dengan palet terang. Gunakan seperti memakai scarf lalu satukan ujungnya dengan menggunakan jepit rambut berornamen.

Jika ingin berkreasi lebih jauh, Anda bisa membuat simpul dari ujung jilbab. Simpul tersebut bisa berbentuk pita, bunga, maupun hanya dililit rapi dan berkumpul di satu sisi leher. Tambahkan bros atau korsase untuk melengkapi penampilan dan membuat jilbab tetap terlihat rapi.

Lainnya, tambahkan stola di luar jilbab yang Anda kenakan. Aksesori ini, selain membuat penampilan Anda terlihat elegan, juga memberi kesan anggun. Namun, jangan lupa perhatikan warna dan motif stola yang akan Anda gunakan. Tidak perlu monokromatik, yang penting tetap padu dengan keseluruhan warna yang Anda kenakan.

Selain aksesori luar, Anda juga tidak boleh melupakan eksesori di dalam. Agar bentuk jilbab senantiasa rapi, gunakan ciput sebagai dalaman. Dengan menggunakan ciput, maka akan membantu kerudung tetap menempel rapi di kepala Anda sepanjang hari. Ciput juga memperkuat kerudung dan memperindah bentuk kening Anda. Bagi mereka yang memiliki wajah bulat, ciput akan mengangkat kedudukan kerudung sehingga bentuk wajah terlihat lebih terbuka dan memanjang.

sumber : okezone.com

December 19, 2008 Posted by | Uncategorized | , , , , | Leave a comment

Motivasi, Apapun Itu….

anggrek21Ada seseorang yang bertanya, kenapa motivasi menulis itu baru muncul sekarang. Bukannya dah dari dulu sering dapat masukan? Jawabannya cukup simple. Kalau dulu, hati sudah cukup puas dengan menulis di sembarang kertas, buku atau diary. Tapi kepuasan itu hanya dapat dinikmati sendiri. Minimal, orang lain hanya bisa melihat kepuasan itu dari aura lahiriah yang tampak di diri kita. Lalu, kenapa sekarang mencoba mengapresiasikannya lebih jauh? Itu karena tiba-tiba muncul keinginan yang tumbuh makin kuat seiring berjalannya waktu. Keinginan untuk sekedar berbagi dengan yang lain. Keinginan untuk tidak lagi egois dengan menikmati karya sendiri. Dan keinginan ~mungkin lebih tepatnya motivasi~ itu timbul karena seseorang atau sesuatu hal. Kadang banyak hal yang bisa kita pelajari dari seseorang dengan mendengar perkataannya, melihat tingkah lakunya dan bagaimana interaksi yang terjadi dalam kehidupan ber-sosial-nya di masyarakat. Saya pun pada akhirnya mencoba terbiasa dengan hal itu. Walau mesti meng-copy paste ucapan seseorang atau menyampaikan sumbang saran orang lain, like had a reference issued from someone else and transferred it to another one. Rasanya itu bukanlah suatu hal yang buruk apabila kita bisa memilah dengan bijak, mana yang mestinya diserap, mana yang harusnya dibuang, mana yang mesti di compare lagi dengan sumber yang lain, mana yang bisa menjadi solusi, mana yang sekedar memotivasi, atau mana yang jadinya menggurui. Seseorang pasti bahagia dan merasa dirinya berguna bila dia mau berbagi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Satu rahasia lagi, tulisan ini bisa teruntai pun karena inspirasi dari suatu peristiwa malam tadi. ^_~

December 18, 2008 Posted by | Sharing | , , , | Leave a comment

5 Langkah Mengencangkan Payudara

mpBertambahnya usia membuat otot-otot payudara tidak lagi kencang. Lakukan gerakan-gerakan yang dapat mengencangkan otot-otot payudara agar kembali kencang dan indah.

Gerakan pertama
Pertemukan telapak tangan di depan belahan payudara Anda, berdiri dengan posisi tegak dan lalukan gerakan saling menekan, tahan selama 5 detik. Rileks saja, dan ulangi gerakan tersebut 10 kali.

Gerakan kedua
Genggam lengan bawah (siku) cengkeram lengan bawah kanan dengan telapak tangan kiri, dan lengan bawah kiri dengan telapak tangan kanan, dengan posisi siku sebatas bahu. Tarik-tarik ke dua arah (ke dalam dan ke luar), jangan sampai terlepas. Ulangi gerakan tersebut 10 kali.

Gerakan ketiga
Pertemukan jari-jari kedua tangan Anda di bawah dagu, dan tekuk keduanya pada posisi saling mengunci, kemudian tarik perlahan dan tahan selama 5 menit.

Gerakan keempat
Jongkok sambil tangan dan lutut ditekan ke lantai, pastikan posisi tangan Anda di renggangkan melebihi bahu dan lutut dijauhkan dari pinggang lalu bengkokkan siku perlahan-lahan kemudian tarik semula ke posisi permukaan.

Gerakan kelima
Berbaring sambil lutut dibengkokkan. Kaki direnggangkan sedikit. Letakkan tangan di belakang kepala, setelah itu badan diangkat ke atas dan gerakan siku kanan sehingga mengenai lutut kiri. Kemudian putar tubuh dengan siku kiri mengenai lutut kanan. Kemudian berbaring semula dan lakukan pada arah yang berlainan.
sumber : kompas.com

December 18, 2008 Posted by | Tips | , , | Leave a comment

Jeruk Nipis untuk BB dan Ketombe

jeruk-nipisTANAMAN satu ini bukan cuma bermanfaat untuk masakan ataupun pengobatan, melainkan juga kecantikan. Seperti apa khasiatnya?

1. Mengusir bau badan
Peras jeruk nipis, campur dengan kapur sirih, lalu usapkan di ketiak. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore. Biarkan tetap menempel selama beberapa waktu sebelum dibasuh.

2. Mendepak Ketombe
Peras tiga buah jeruk nipis, lalu gosokkan air perasan pada kulit kepala. Biarkan selama 25 menit, lalu keramaslah. Ulangi dua sampai tiga kali, ketombe pun lenyap.

3. Merawat kulit muka
Kulit muka berminyak seringkali membuat penampilan jadi kusut. Ambil jeruk nipis, lalu belah menjadi dua. Gosok-gosokkan belahan jeruk nipis pada wajah. Kulit muka jadi putih halus, wajah pun jadi cemerlang.

4. Diet dengan murah
Caranya gampang, rajin-rajinlah minum air jeruk nipis. Sehari tiga kali, pagi, siang, dan sore. Jangan heran jika tubuh jadi lebih ramping.
sumber : kompas.com

December 18, 2008 Posted by | Tips | , , , | Leave a comment

Kreasi Jilbab “Barbie Rumbai”

Model 1: Daya tariknya Hiasan rumbai diletakkan pada bagian depan. Cara membuatnya Jilbab dijepit pada bagian belakang kemudian kedua ujungnya dililit2kan di bagian leher dengan rapi dan usahakan salah satu rumbai terletak pada bagian depan.

br01
Model 2. Jilbab dijepit pada bagian belakang, kedua ujung diikatkan ke samping dan bentuk bunga.

br02
Model 3. Jilbab Barbie dijepit pada bagian depan, kedua ujungnya diikat kepang. Permanis dengan Bros.

br03

br03a

Model 4. Jilbab barbie dijepit pada bagian belakang. Salah satu ujungnya untuk menutup bagian dada dan ujung lainnya dililit dan dijadikan hiasan pada bagian kepala.

br04

Model 5. Jilbab Barbie dijepit pada bagian depan, kedua ujungnya dilitkan pada bagian leher dan usahakan salah satu ujungnya dilebihkan, letakkan pada bagian depan sehingga menyerupai syal/dasi.

br05

Model 6. Model ciput nih, cara bikinnya, jilbab dijepit pada bagian belakang, kedua selendangya sama-sama dililit sehingga seperti tali tambang. Selendang kanan menghias bagian kepala, selendang kiri dilingkarkan pada bagian konde belakang, kedua ujung yang berumbai bertemu di bagian kanan, tahan dengan jarum pentul. Permanis dengan bros. Cantik kan??? 🙂

br06

Model 7. Kalau ini jilbab barbienya juga dijepit pada bagian belakang, kemudian selendang kanan dan kiri agak dililt tetapi tidak perlu terlalu rapat, keduanya ikat pada bagian atas, ujung selendang kanan diletakkan pada bagian bawah telinga dan ujung selendang kiri juga demikian. Permanis dengan bros pada bagian kepala.

br07

Model 8. Jilbab Barbie ini menggunakan cepol konde sebagai bentuk dasar, jilbab barbie dijepit pada bagian belakang, salah satu ujungnya menutup dada, dan ujung selendang lainnya dilebarkan pada bagian belakang. Permanis dengan Bros.

br08

Tertarik dengan jilbabnya? kunjungi nadirahouse.com

sumber : nadirahouse.com

December 12, 2008 Posted by | Uncategorized | , , , , | 6 Comments

Kreasi Jilbab dengan Jilbab Segiempat: Model Kipas

Langkah 1 :

– Ambil bagian ujung jilbab segiempat, lipit-lipit dan ikat dengan karet gelang, kedua ujung lipitan dipertemukan agar membentuk bunga.
kipas011

kipas02

Langkah 2 :

– Gunakan jilbab naila sticisy atau maiara casual sebagai jilbab dasar.
– Tarik sedikit bagian leher jilbab dasar agar lebih rapi
– Kenakan jilbab segiempat sebagai atasan jilbab dasar, letakkan bunga pada bagian samping.

kipas03

Langkah 3 :

– Pertemukan sisi kanan dengan sisi kiri jilbab, bantu dengan jarum pentul. Rapikan bagian bawah agar menutup permukaan leher.
kipas04

Langkah 5 :

– Permanis dengan bros yang diletakkan di tengah-tengah bunga, hasilnya penampilan Anda menjadi unik dan elegan. Selamat mencoba!!!!

sumber : nadirahouse.com
kipas05

kipas05b

December 11, 2008 Posted by | Uncategorized | , , , , | 5 Comments