sweetie alessa’s blog

~ ikhlas dan bersabarlah…. ~

Tiramisu

( Menggoda banget ya tampilannya? Buat rekan-rekan yang hobby bikin kue, kaya’nya mesti coba deh. Keliatannya sih rada “njelimet” ya…. pastinya butuh ketelitian dan keahlian tersendiri. Kalo saya… untuk sementara, diposting aja lah resepnya. Belum pede bikinnya, tpi kalo ada yang mo ngirimin sih boleh buangeett… ^_~ )

tiramisuBahan:
250 gr keju mascarpone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
1/2 sdt esens vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan lain:
2 sdm kopi instan, cairkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua/rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake cokelat 3 lembar ukuran 22 x 22 x 3cm

Garnis:
Whipped cream dan cokelat bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok keju mascarpone, sisihkan.
2. Kocok whipped cream dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tak meleleh.
3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarpone yang sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mikser speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
5. Di tempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.

Penyelesaian:
1. Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (atau cake cokelat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarpone, ratakan.
2. Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarpone.
3. Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped cream, lalu ayakkan cokelat bubuk.
4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.

Catatan:
– Pengocokan mascarpone hanya bertujuan untuk menghilangkan bungkahan-bungkahan kejunya saja, bukan untuk membuatnya mengembang.
– Jika menggunakan keju mascarpone merk Puglia, keju sebaiknya tidak dikocok karena keju mascarpone merek ini sangat rentan pecah. Langsung campurkan keju ke dalam whipped cream.
– Pastikan telur sudah kembali menjadi dingin sebelum mencampurkannya dengan whipped cream dan mascarpone. Suhu hangat akan membuat whipped cream mencair. Jika Anda tidak keberatan dengan telur mentah, maka telur tidak perlu ditim.

sumber : natural cooking club

December 24, 2008 - Posted by | Kue | , , ,

3 Comments »

  1. untuk tiramisunya,kl rum ga pipake in beda ga?soalnya saya ga blh menggunakan rum.thx

    Comment by novie sri h | December 25, 2008 | Reply

    • ga pa2 kalo ga pake rhum…. hasilnya tetap enak koq…. ^_~

      Comment by sweetiealessa | December 26, 2008 | Reply

  2. mbak,untuk tiramisunya kl gk ada keju mascarpone bisa diganti dengan keju yang lain gk?btw, keju mascarpone tuh keju yang seperti apa ya??

    Comment by vytre | March 12, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: